Pelatihan Penggunaan Aplikasi Grammarly untuk Penulisan Artikel Ilmiah dalam Bahasa Inggris Bagi Dosen Keperawatan

https://doi.org/10.53579/segantang.v1i1.107

Authors

  • Umu Fadhilah Stikes HangTuah Tanjungpinang
  • Meily Nirnasari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Tanjungpinang
  • Lizawati Lizawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Tanjungpinang

Keywords:

Grammarly application, scientific articles, Writing, Nursing Lecturer

Abstract

Penulisan karya ilmiah merupakan kegiatan penting bagi seluruh civitas akademika di perguruan tinggi untuk meningkatkan karir, jabatan, jabatan dan persyaratan kinerja guna memenuhi Tridharma perguruan tinggi. Menulis makalah penelitian bukanlah kegiatan yang mudah bagi sebagian dosen, khususnya dosen Stikes Hangtuah Tanjungpinang, membutuhkan waktu, kemampuan tata bahasa dan pemilihan kata yang baik serta pengetahuan yang luas, apalagi jika makalah penelitian dalam bahasa Inggris. Menulis artikel dalam bahasa Inggris masih menjadi kendala terbesar bagi dosen Stikes Hangtuah Tanjungpinang. Kesulitan saat ini masih dibatasi oleh penguasaan bahasa dan tata bahasa. Salah satu solusi untuk masalah ini adalah menggunakan Grammarly untuk menulis artikel berbahasa Inggris. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang prinsip dasar dan aturan menerjemahkan teks atau dokumen bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia dan meningkatkan kemampuan menulis jauh lebih baik dan tanpa kesalahan tata bahasa menggunakan Grammar. Metode yang digunakan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah pelatihan. Berdasarkan hasil survei tanggapan dari 30 peserta, mayoritas peserta percaya bahwa kegiatan ini memberikan informasi dan pengetahuan baru tentang topik penulisan penelitian. Selain itu, sebagian besar peserta menganggap pelatihan ini menarik dan mendorong mereka untuk menulis makalah penelitian yang baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar dosen belum mengetahui cara penggunaan aplikasi Grammar dan merasa bahwa aplikasi tersebut memudahkan penulisan penelitian dosen.

References

Abdullah, M. (2004). Menembus Jurnal Ilmiah Nasional dan Internasional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

AfiantiYati. (2016). Penulisan Artikel Ilmiahuntuk Bidangkeperawatan dan Kesehatanpersiapanhing gapublikasi. PT Raja Gravindo Persada, Jakarta

Fadhilah, U., Julia Dolok Saribu, H., & Hang Tuah Tanjungpinang, S. (2018). Effectiveness of Grammarly Application for Writing English Abstract. International Journal of Science and Research, 8(12), 163–166. https://doi.org/10.21275/ART20202994

Pujiawati, N. I. A. (2018). Mengintegrasikan Automatic Grammar Checker. 6, 1–11.

Schraudner, M. (2014). The online teacher�s assistant: using automated correction programs to supplement learning and lesson planning. CELE Journal, 22, 128– 140.

Wulandari, T., Emilda, E., & Lazuarni, S. (2021). Pelatihan Mendeley dan Grammarly Dalam Penulisan Riset Bagi Mahasiswa Di Kota Palembang. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 4(1), 39–44. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v4i1.919

Published

09-06-2023